Langkah-langkah Saat Memulai Usaha Desain Grafis - Sebuah Informasi dan Teknologi

Breaking

Jumat, 16 Maret 2018

Langkah-langkah Saat Memulai Usaha Desain Grafis


Cara Membaca Peluang Bisnis Desain

Pada era digital ini, dunia adalah dimana semua orang menginginkan segala sesuatu secara instan dan mudah untuk menjalani hidup sehari-hari. Begituppula jika Anda seorang desainer grafis, pasti juga memerlukan tehnologi yang dapat mempermudah bisnis Anda. Membaca peluang bisnis dalam desain atau membaca peluang mendapatkan income, mencari uang dan penghasilan dalam mendesain adalah kunci kesuksesan dalam karir desain Anda. Banyak yang mengira bahwa hanya sekedar kemampuan desain, pengalaman, dan kerja keras cukup untuk mencapai hal tersebut
Ekspresi Jiwa
Manfaat paling utama dalah Anda bisa mengekspresikan daya cipta dan kreativitas sebebas mungkin sesuai dengan gaya Anda. Kebanyakan orang lebih menfokuskan diri menjadi desainer grafis ketimbang seniman yang bidang cakupannya terlalu luas. Secara spesifik, profesi desainer grafis lebih menguntungkan secara finansial daripada seniman umum. Lebih menguntungkan lagi adalah seniman yang bisa menggunakan komputer sebagai sara ekspresi desainnnya. Kombinasi ini sungguh powerfull, bakat alami seni yang disokong oleh kecanggihan teknologi komputer dapat menjadi pekerjaan yang mempunyai bargaining power amat tinggi dan mahal harga jualnya.
Banyak Klien Di Pasar Yang Luas
Beberapa sektor usaha bisnis mempunyai target klien dan pangsa pasar yang amat terbatas. Jika suatu bisang usaha bisnis merencanakan promosi bisnisnya, maka diperlukan sejumlah Marketing Tools untuk aktifitas promo penjualannya. Nah, disinilah profesi desainer grafis diperlukan. Tidak hanya sekedar mendesainkan produk promosinya saja, tapi juga bisa mendapatkan peluang order(include) cetaknya dari perusahaan tersebut.
Bekerja Secara Freelance
Hal yang paling menyenangkan dari profesi desainer grafis adalah bisa bekerja secara freelance tanpa diatur oleh waktu reguler. Saat ini, banyak sekali peluang usaha freelance mengerjakan desain grafis secara online. Ratusan, bahkan ribuan lowongan pekerjaan ddesainer grafis disediakan oleh agen Graphic Design jobs seperti sribulancer, freelancer.co.id, 99designs, dan lainnya secara online di internet. Tinggal pilih saja kerjaan desain mana atau dari perusahaan mana yang Anda mau. Hanya perlu pandai-pandai saja mengatur waktu, jangan sampai semua pekerjaan diambil tapi deadline waktu tidak mencukupi.


Membuat Studio Desain dan Jalankan Bisnis
Bila Anda mempunyai mimpi membangun studio desain grafis atau semacam workshop, beralihlah dari freelance ke arah yang lebih besar lagi skala bisnisnya. Mulailah membangun studio desain grafis dan menjalankan bisnis desain grafis dengan merekrut beberapa tenaga desainer kenalan Anda sebagai freelancer di studio desain grafis milik Anda.
Jadilah manager atau Art Director sebagai pemimpin bawahan Anda. Terapkan Manajemen waktu dan etika bisnis yang benar untuk membangun brand image perusahaan Anda, agar Anda bisa dipercaya oleh banyak klien guna menggarap proyek promosi bisnisnya.



Seorang desainer tidak hanya pandai dalam menggambar, mendesain, atau mengedit saja, tetapi juga memerlukan sebuah strategi dalam berbisnis agar menghasilkan laba. Berikut adalah aplikasi desain grafis strategi kreatif dalam periklanan yang merupakan suatu rencana dalam berbisnis yang sangat mempengaruhi tumbuh kembanganya bisnis bidang desain grafis yang Anda bangun :

  1. Pentingnya Kretifitas Dalam Merancang Pesan
    Kreatifitas adalah kemampuan menyajikan gagasan atau ide baru. Untuk itulah strategi merancang pesan yang sukses membutukan pengembangan dan eksekusi strategi kratif

  2. Copy Platform
    Seperti halnya proses promosi dan pemasaran lainnya, aspek kreatif periklanan dipandu oleh tujuan dan sasaran yang spesifik

  3. Identifikasi Audien Sasaran
    Maksudnya adalah melakukan identifikasi pada pasar yang kita bidik atau melakukan segmentasi pasar.

  4. Strategi Unique Selling Proposition
    Strategi ini berorientasi pada keunggulan atau kelebihan produk yang tidak dimiliki oleh produk saingannya.

  5. Strategi Brand Image
    Sebuah merek atau produk diproyeksikan pada suatu citra (image) tertentu (melalui preiklanan).

  6. Strategi Resonansi
    Gagasan umum strategi positioning adalah menempatkan sebuah produk untuk mendapatkan posisi yang baik dalam benak konsumen.
Written by




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...